Sabtu, 31 Desember 2011

Pengaruh Loneliness Terhadap Internet Addiction Pada Individu Dewasa Awal Penggunaan Internet

Individu dalam tahapan dewasa awal dengan tugas perkembangan akan membentuk hubungan intim dengan orang lain (Erikson dalam Santrock, 2003), makan kebutuhan akan intimasi merupakan unsur pokok dalam kepuasan suatu hubungan. Jika individu dewasa awal dapat membentuk persahabatan yang sehat dan hubungan dekat yang intim dengan individu lain, makan intimasi akan tercapai, namun, jika individu tidak berhasil mengembangkan intimasinya, maka individu tersebut akan mengalami isolasi dan merasakan loneliness.

Loneliness diartikan oleh Peplau & Perlman sebagai perasaan yang dirugikan dan tidak terpuaskan yang dihasilkan dari kesenjangan antara hubungan sosial yang diinginkan dan hubungan sosial yang dimiliki, loneliness selalu muncul sebagai respon terhadap ketidakhadiran beberapa atau tipe-tipe hubungan khusus, atau lebih tepatnya sebuah respon pada ketidakadaan suatu hubungan yang diharapkan.

Shaver & Rubeinstein mengungkapkan bahwa individu yang mengalami loneliness menunjukkan beberapa reaksi untuk menghadapi loneliness yang dialaminya, diantaranya melakukan kegiatan aktif (belajar, bekerja, membaca, menggunakan internet) membuat kontak sosial (menelpon, chatting), melakukan kegiatan pasif (menangis, tidur, atau berdiam diri) dan melakukan kegiatan selingan yang kurang membangun (menghabiskan uang atau berbelanja).

Faktor yang mempengaruhi loneliness yaitu, usia. Berasal dari orang yang berusia remaja dan dewasa awal. Lalu status gender, laki-laki lebih tertutup atau sulit menyatakan loneliness dibanding perempuan. Status sosial ekonomi pun dapat menjadi faktor loneliness, bahwa individu yang tingkat penghasilannya rendah cendrung mengalami loneliness lebih tinggi daripada individu dengan tingkat penghasilan tinggi.

Pada saat ini, internetlah yang dianggap sebagai salah satu cara mengurangi loneliness. Hal ini memungkinkan bagi individu berhubungan dengan individu lainnya, dengan adanya komunikassi melalui internet membuka kemungkinan individu berdiskusi, mencari berita, melakukan bisnis, berhubungan dengan individu atau pun untuk mencari hiburan. Internet telah memberikan kesempatan yang lebih luas sehingga orang-orang dapat saling berkenalan dan mengembangkan hubungan melalui layanan hubungan secara online, e-mail, chatroom dan newsgroup.

Internet addiction oleh Young diungkapkan sebagai sebuah sindrom yang ditandai dengan menghabiskan sejumlah waktu yangs angat banyak dalam menggunakan internet dan tidak mampu mengontrol penggunaannya saat online. Orang-orang seperti ini akan menunjukkan sindrom ini akan merasa cemas, depresi atau hampa saat tidak online di internet. Penggunaannya sangat berlebihan sehingga pada akhirnya mengganggu fungsi dalam pekerjaan, disekolah, atau dirumah, serta menyebabkan korban mulai menyembunyikan tingkat ketergantungannya pada internet tsb.

Penggunaan internet sebagai salah satu upaya mengatasi loneliness membawa efek positif sekaligus negatif. Di satu sisi menimbulkan keuntungan seperti mengurangi loneliness, mengembangkan perasaan mendapat dukungan sosial dan membentuk persahabatan secara online. Di sisi lain malah menyebabkan individu loneliness memiliki waktu yang terbatas untuk berinterkasi langsung didunia nyata, yang seharusnya dilakukan agar lebih aktif dapat mengatasi loneliness yang dialaminya.

Minggu, 30 Oktober 2011

MENGANALISIS KEPRIBADIAN SESEORANG MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL

Sebelum menganalisa kepribadian seseorang melalui situs jejaring sosial, kita harus lebih mengenal apa arti KEPRIBADIAN itu sendiri.


kepribadian dalam bahasa latin adalah personaliti atau persona yang berarti topeng.
Menurut Gordon W. Allport : Suatu organisasi yang dinamis dari sistem psiko-fisik individu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran indivudu secara khas. Interaksi psiko-fisik mengarahkan tingkah laku manusia.

Menurut Kartini Kartono dan Dali Gulo dalam Sjarkawim (2006) adalah Sifat dan tingkah laku khas seseorang yang membedakannya dengan orang lain; integrasi karakteristik dari struktur-struktur, pola tingkah laku, minat, pendiriran, kemampuan dan potensi yang dimiliki seseorang; segala sesuatu mengenai diri seseorang sebagaimana diketahui oleh orang lain.

Macam - macam kepribadian menurut Hippocrates :

Sanguinis

Kepribadian ini menggambarkan seseorang yang memiliki karakter yang lincah, extrovert, periang, mudah berganti haluan, bisa meramaikan suasana, suka berbicara, memiliki rasa humor yang tinggi, mudah diubah, berhati tulus, penuh semangat, selalu kekanak-kanakan, memiliki energi serta antusiasme, kreatif dan inovatif, suka kegiatan spontan.


2. Koleris

Kepribadian ini menggambarkan seseorang yang memiliki karakter yang percaya diri, dinamis dan aktif, berbakat memimpin, extrovert, optimis, berani mengambil resiko besar sekalipun, hatinya mudah terbakar, selalu unggul dalam keadaan darurat, selalu merasa benar, susah menerima pendapat orang, disiplin, tepat waktu.

3. Melankolis

Kepribadian ini menggambarkan seseorang yang memiliki karakter seseorang yang penuh pikiran, cenderung pemurung, pendiam, introvert, pesimis, perfeksionis, berorientasi jadwal, standar tinggi, sadar perincian, gigih dan cermat, tertib dan terorganisasi, teratur dan rapi, ekonomis, melihat masalah. mendapat pemecahan kreatif, perlu menyelesaikan apa yang dimulai, Suka diagram, grafik, bagan, daftar.


4. Phlegmatis


Kepribadian ini menggambarkan seseorang yang memiliki karakter yang rendah hati, mudah bergaul dan santai, diam, tenang, dan mampu, sabar, baik keseimbangannya, hidup konsisten, tenang tetapi cerdas, simpatik dan baik hati menyembunyikan emosi, bahagia menerima kehidupan, serba guna, mudah diajak bergaul, menyenangkan, tidak suka menyinggung, pendengar yang baik, selera humor yang menggigit, suka mengawasi orang, punya banyak teman, punya belas kasihan dan perhatian.


Kepribadian seseorang akan terlihat dari bagaimana dia berbicara dan berkelakuan.

Objek saya kali ini adalah, laki-laki berumur sekitar 23tahun.
ini dia profile nya di situs jejaring sosial FB





Sebut saja AW dia adalah orang yang senang menulis status. Yang senang berbagi senang atau sedih pada FB, karna dikit-dikit update, eksis deh.


AW ini senang sekali berpose dengan memakai sun glasses atau kaca mata hitam, seperti foto-foto dibawah ini :







Banyak moment bersama teman-temannya pun dia abadikan dengan memakai kaca mata hitam :)





foto asli nya tanpa memakai kacamata :



Dari semua foto yang sudah saya tampilkan dibawah ini, anda sudah bisa menilai bagaimana kepribadian AW ini. Apakah pribadi yang tertutup makanya dia pake kacamata terus, atau pribadi yang eksis di dunia maya, karna suka mengupdate statusnya. Walaupun begitu kita tidak dapat menilai seseorang hanya dari tulisan dan fotonya saja, lebih baik bergaul langsung dan berkenalan dengan orangnya :)



REFERENSI :


http://resources.unpad.ac.id/unpad-content/uploads/publikasi_dosen/mengenal%20tipe%20kepribadian%20dan%20kesadaran%20manusia.pdf

http://belajarpsikologi.com/pengertian-kepribadian/

http://www.facebook.com/profile.php?id=100000046467100

Jumat, 14 Oktober 2011

Pengertian dan Fungsi Internet

Pengertian Internet

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang luas dan mendunia untuk menghubungkan pemakai jaringan satu dengan pemakai jaringan yang lain. Yang didalamnya terdapat berbagai sumber ilmu pengetahuan dan informasi bagi si pemakai jaringan tersebut dari mulai yang statis, dinamis, dan interaktif.



Fungsi Internet

Banyak sekali fungsi dari internet itu sendiri, misalnya :
1. Memberikan informasi atau pengetahuan pada pengguna tiada batas
2. Memperdekat jarak jika berkomunikasi melalui internet dengan pengguna lainnya di
belahan dunia
3. Memudahkan seseorang untuk berbisnis dengan cara mempromosikan barang dagangannya
4. Memudahkan pengguna dalam berbagai keperluan seperti mencari data karna internet
tersambung dengan berbagai katalog perpustakaan pengguna dapat menggunakan
informasi tersebut

Banyak orang bilang jika kita sudah bermain internet, seperti sudah menggenggam dunia ditelapak tangan sendiri.

Minggu, 24 April 2011

keuntungan dan kerugian menggunakan bluetooth

kelebihan menggunakan bluetooth


- Tanpa kabel
Teknologi Bluetooth menggantikan kabel dengan hubungan komunikasi yang bervariasi seperti hubungan mouse, keyboard, printer, modem, wireless headset, microphone yang terhubung ke komputer atau mobile phone.
- Kemudahan dalam pertukaran file
Bluetooth memungkinkan pertukaran file di antara dua perangkat. Sebagai contoh, laptop para peserta rapat dapat saling bertukar informasi/data dengan peserta lainnya. Mobile phone berteknologi Bluetooth dapat bertindak sebagai modem bagi laptop.
- Sinkronisasi tanpa kabel
Bluetooth menyediakan sinkronisasi tanpa kabel secara otomatis dengan perangkat Bluetooth lainnya. Sebagai contoh, informasi pribadi di dalam address book dan date books dapat disinkroniasi anatara PDA, laptop, mobile phone, dan perangkat lainnya.
- Aplikasi nirkabel yang otomatis
Bluetooth mendukung fungsi-fungsi aplikasi wireless otomatis. Tidak seperti sinkronikasi yang sifatnya lokal, aplikasi wireless otomatis berinterface dengan LAN dan internet.
- Hubungan internet
Teknologi Bluetooth didukung oleh banyak perangkat dan apliakasi antara lain mobile phone, PDA, dan laptop. Suatu hubungan internet dapat dibentuk jika perangkat-perangkat tersebut dapat saling berhubungan.
Model Jaringan Bluetooth
Teknologi Bluetooth adalah teknologi yang berbasis pada jaringan Ad Hoc yang secara dinamik dapat berhubungan dengan perangkat yang terpisah. Disebut jaringan Ad Hoc karena tidak mempunyai konfigurasi jaringan yang tetap. Dalam jaringan Bluetooth, piconet master mengatur perubahan topologi di dalam jaringan. Disebabkan oleh perangkat yang selalu berubah, maka jaringan harus dapat melakukan konfigurasi ulang secara langsung untuk mengadaptasi topologi yang dinamik. Ruting yang diterapkan protokol Bluetooth memungkinkan master membuat dan mengatur perubahan jaringan.



Kerugian menggunakan bluetooth


”Bluejacking”

Kerjanya mirip spam pada e-mail komputer. Bluejacker--orang yang melakukan bluejacking--akan mengirimkan pesan bernada usil terus-menerus untuk meledek korbannya. Bahkan untuk bluetooth yang lebih canggih, tidak hanya pesan saja, tapi juga disusupi gambar dan suara. Walaupun dalam aktivitas tersebut tidak ada data yang dirusak atau dicuri, namun gangguannya cukup menyebalkan.

”Bluesnarfing”

Melalui media bluetooth yang terbuka si cracker berhasil mengumpulkan informasi yang bisa diakses berupa data phonebook, kalender, file-file gambar, serta nomor IMEI pada sebuah ponsel. Istilah inilah yang biasa disebut bluesnarfing. Bahayanya jika data-data tersebut dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan yang tak bertanggung jawab.

”Backdoor attack”

Serangan backdoor biasanya dilakukan melalui mekanisme pairing yang tidak seperti mekanisme pairing biasanya, di mana nama perangkat bluetooh si cracker tidak terdaftar dalam daftar perangkat yang dikenali korban. Dalam kasus ini, pengguna perangkat yang menjadi korban tidak menyadari perangkatnya telah diserang dan dikirim malware (program yang merugikan). Jika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin layanan yang dimiliki oleh korbannya seperti modem internet dan akses GPRS atau WAP mampu diakses oleh si cracker tersebut.


”Bluebug attack”

Serangan bluebug dilakukan cracker dengan menciptakan koneksi profil secara serial ke perangkat korban. Dengan begitu, cracker bisa memberikan akses penuh untuk menjalankan AT (AT command). Ponsel bisa dieksploitasi untuk melakukan panggilan telefon, mengirimkan pesan-pesan SMS, dan melakukan koneksi data ke internet. Serangan macam ini memanfaatkan GSM dalam melakukan serangannya, cracker hanya membutuhkan akses bluetooth selama beberapa detik, untuk mengatur panggilan telefon.

Hati-hati

Untuk mencegah semua itu, disarankan untuk berhati-hati dalam pemakaian bluetooth. Apalagi handphone baru rata-rata telah dilengkapi dengan fasilitas bluetooth dan mempunyai kapasitas memori yang makin besar, memungkinkan untuk menerima download yang besar. Akibatnya, menjadi lebih mudah terserang gangguan semacam virus. Untuk menghindari terserang virus handphone, para pengguna sangat disarankan untuk mematikan koneksi bluetooth, terutama di tempat-tempat keramaian seperti mal, kantor, dan sekolah.

Walaupun untuk saat ini memang virus yang menyerang handphone tak separah yang terjadi pada dunia komputer, namun bukan tidak mungkin di waktu mendatang virus handphone ini bakal menimbulkan kerugian yang besar pada dunia komunikasi genggam ini.

Kamis, 21 April 2011

34 jam

34 jam sejak kau cabut cinta mu
Hidupku berhenti bergerak
Tubuh elok mu terpatri erat didalam anganku
Buat ku smakin terjebak

Sribu belati serasa tusuk tikam batinku
Tak mungkin aku mengelak
Jerat cintamu smakin himpit erat rongga nafasku
Buat ku ingin teriakkan

Kau pikir diriku kan merangkak tergeletak
Ku cinta kamu namun ku lebih cinta aku
Kau pikir dunia ku tak bergerak berhenti berdetak
Ku sayang kamu namun kau tak baik untuk ku




buat perempuan yang merasa sakit hati sama cowo. mungkin cuma ini saran yang bisa gua bilang. biar lo tegar ngadepin cowo lo yang emang ngga baik buat lo.

ALL ABOUT LADIES

Kali ini gue bukan mau curhat. Tapi gue mau mengulas tentang perempuan!
Ya mentang-mentang kemaren hari kartini hari ini gue akan mencoba membahas tentang perempuan. Tapi kayanya ga ada nyambungnya sama perjuangan nya R.A. Kartini, gue disini membahas sisi negative nya perempuan jaman sekarang yang gue liat agak melenceng dari yang seharusnya.
Ngomongin masalah negative, gue juga merasa kurang fair aja gitu kalo misalnya gue dikategorikan perempuan yang sok sempurna. Yang bisa ngomongin kenegative an perempuan lain. Yaa gue juga punya lah kekurangan. Gue perempuan yang kurang sempurna yang mencoba untuk sempurna!

Perempuan jaman sekarang itu gue liat kelewat naif ya. Menginginkan lelaki tajir, bermobil, gaul sana sini, dompet tebel (kita ga tau tebel duit apa tebel kertas) banyak temen-temen gue yang bisa dikategorikan perempuan seperti ini. Matre! Ya matre yang menurut gue berlebihan. Kalo ditelaah semua perempuan itu matre ga bisa dipungkiri lah gue juga termasuk Cuma dilevel yang wajar. Coba lo perempuan, jujur aja deh kalo kemana-mana jalan sama cowonya terus tiap jalan lo terus yang bayar apa rasanya? Ga mau kan? Dimana-mana cewe pasti mau cowonya yang bayar. Dan tidak merugikan dipihak wanita. Karna memang seharusnya dan kodrat lelaki adalah mencari nafkah makanya begitu dimana-mana juga peraturan begitu tuh gak ada di kamus perempuan yang kemana-mana bayarin cowo.

Tetapi kalo perempuannya yang lebay, maunya ini itu minta macem-macem kasian juga cowonya. Kalo udah suami lo mah gak papa yah. Ini baru pacaran. Belum ada keterikatan yang lebih serius udah berani minta ini itu. Masalah harta yang lo liat itu ga ada artinya kalo hartanya Cuma punya ortu nya. Kecuali kekayaan itu didapat karna kegigihan laki lo baru deh lo bangga. Percuma lo nyari cowo kaya tapi brengsek. Banyak lah diliat sekarang cowo begitu mah. Susah cari yang bener sekarang. Perempuan sekarang lebih memilih gaya hidup mereka. Kasus temen-temen gue bisa dijadiin contohnya.

1) Temen gue cewe nih. Rela diapain aja demi dapetin uang dari cowonya. Cowo kan gitu, uang biarin keluar asal tu cowo puas. Makanya gue suka neting sama cewe yang dapet ini itu dari cowonya ada apaan nih kok lebay banget ngasih nya ini itu, bisa jadi karna ni cewe udah "ngasih" ke cowo nya.
2) Ceritanya sih bangga dikasih ini itu sama cowo. Ya fisik emang ni cewe cantik terus banyak cowo yang naksir sama dia, padahal dia udah punya pacar. Dan pacaran selama 6 tahun memang matre ini cewe, Cuma cowonya tulus ngasih ini itu ke cewenya. Dan bodohnya ini cewe malah selingkuh dengan 2 lelaki lain. Lalu putus lah dengan cowonya yang pertama, dan dia mencoba memilih diantara kedua lelaki tersebut, dan akhirnya dia memilih lelaki yang salah. Setelah di flashback lelaki pertama justru lebih baik dari 2 lelaki ini. Lelaki yang bisa kita sebut "s" adalah lelaki yang mengaku tajir punya perusahaan banyak di jakarta blablabla, lalu yang kedua "o" dia memang asli tajir orang tua di hongkong tetapi mungkin cewe ini tidak memilih karna fisiknya. Lalu lelaki pertama yang dia putusin udah pergi meninggalkannya karna sakit hati dislingkuhin begitu. Dia pergi si cewe menyesal. Karna memilih cowo Cuma dari harta doang ternyata apa yang mau dibanggain sekarang?!
3) Ada temen gue juga dia milih cowo dari harta nya. Padahal dia udah kaya. Gue heran aja gitu cewe sekarang uda kaya masih juga matre sama cowo, ngga ada otak apa. Boleh cari cowo yang kaya juga tapi buat apa morotin cowo?! Hey!!!!! Cowo juga pinter, lo cewe bisa buat apa kalo cowo lo udah ngasih benih dirahim lo. Nah intinya ni cewe hamil karna cowonya udah gituin dia dan habis lah semua nya.
4) Beda lagi sama yang ini, dia sebenernya gak tau apa-apa sama ni cowo dia mulai suka ya karna ni cowo ngasih ini-itu ke temen gue. Semua diterima sampe akhirnya si cowo nembak temen gue gak enak nolaknya ke cowo ini akhirnya mereka pacaran ga sehat deh. Pacarannya karna menang di duit doang. Jadi ni temen gue cinta ke cowonya kalo ada duitnya doang. Kalo ga ada mah males katanya.
5) Kalo yang terakhir ini temen gue rada tolol emang. Kenapa? Karna gue tau cerita awal-awalnya. Nih temen gue cerita gitu, katanya ada cowo ngejar-ngejar dia. Dia udah nolak dia ga suka udah dinajis-najisin malah sama dia. Dan disisi lain dia juga udah punya cowo. Sampe akhirnya gue gatau deh mereka putus dan kenapa temen gue bisa jadian sama si cowo yang dinajisin kemaren?! Kayanya dia kemakan omongan deh udah dinajisin malah dipacarin. Dan ternyata dia di tololin sama cowonya sekarang si tua kaya raya. Tepatnya bisa dibilang gitu. Gue juga heran nih kenapa bisa begini dah urusannya?


Intinya jangan pernah mencintai lelaki karna hartanya karna gue yakin kalo lo semua mau ngerasain cinta sejati ga akan pernah ngerasain kalo niat lo karna harta nya !
Harta bisa dicari. Kalo gue bilang lebih berharga kayanya kalo misalnya lo sama cowo lo nabung bareng-bareng untuk kedepannya. Susah bersama dan senang bersama. Itu yang jarang gue temuin sekarang.
Maunya serba gampang sekarang tapi gak berseni !

Minggu, 20 Maret 2011

kebiasaan orang Amerika

Kebiasaan orang Amerika:

Gaya hidup

a). Menjunjung tinggi nilai kebebasan individu
Artinya mereka jarang sekali bisa diatur. Mereka bisa melakukan apa yang mereka inginkan bahkan terkadang bertabrakan dengan kepentingan orang lain. Namun, lambat laun sebagian dari mereka mulai dapat menghargai kepentingan orang lain.

Untuk mendapatkan kebebasan individu, warga Amerika dituntut untuk mandiri terlebih dahulu, terutama mandiri secara finansial. Jadi, sudah menjadi tradisi jika anak Amerika usia 9 tahunan sudah bekerja sebagai loper koran atau membantu atap genteng tetangga yang bocor. Jangan mengkasihani mereka sebab mereka tidak ingin dikasihani. Pekerjaan yang mereka lakukan di usia dini bukan berarti mereka miskin, tetapi itu adalah upaya untuk mendapatkan ’self-reliance’ dan ’individual freedom’ mereka.

b). Sportif dalam berkompetisi
Warga Amerika percaya bahwa setiap manusia dari ras apapun, warna kulit apapun, agama apapun, serta status sosial manapun, memliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan peluang kerja, karir, dan kompetisi apapun. Ini adalah salah satu nilai positif yang dimiliki oleh warga Amerika. KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) jarang memainkan peranan terhadap keberhasilan seseorang. Pada intinya, keberhasilan berbanding lurus dengan kerja keras

Selain itu, sebagian dari mereka sangat optimis. Salah satunya tercermin dalam cara mereka ketika berjabat tangan, yaitu menggenggam dengan erat tangan orang lain meski hanya dalam waktu singkat. Jadi siap-siap jika tangan Anda seperti mendapat aliran listrik keoptimisan mereka. Jika Anda sudah mengetahui hal ini, lakukan hal yang sama terhadap mereka tatkala saling berjabat tangan.

c). “To the point”
Jangan pernah terlalu sering berbasa-basi dengan orang Amerika. Contoh: saat mereka bertanya apakah Anda butuh minum atau tidak, jawablah dengan jujur. Kesampingkan dulu nilai ”terlalu sungkan” yang dianut oleh orang Timur sebab Anda sedang berada di Barat

d. Tepat waktu
Tidak ada istilah jam karet di sana. Apabila Anda diundang pukul 07.00 p.m., maka maksimal Anda harus datang setengah jam lebih awal (in time). Untuk berjaga-jaga, jangan pernah datang tepat pada waktunya (on time).

Gaya bicara

a). Laksana ”bermain ping pong”
Orang Amerika suka jika pembicaraan mereka yang belum selesai dipotong oleh lawan bicaranya. Hal ini laksana permainan ping pong di mana masing-masing pemain memukul kembali bola ping pong yang telah dipukul oleh lawan mereka. Pembicaraan seperti ini sangat mereka sukai sebab akibatnya adalah timbulnya ”heat conversation” (pembicaraan yang seru).

b). Cepat dan keras
Jika berbicara dengan orang Amerika, lawan bicara harus selalu memperhatikan setiap tutur katanya. Walau suara mereka cenderung keras, tetapi terkadang kecepatan bicara mereka sukar diikuti.

Dalam bidang pendidikan

a). Tidak terlalu terjadi gap antara murid dan guru
Di sana adagium ”guru selalu benar” sudah tidak berlaku lagi sebab ilmu dapat datang dari manapun. Terlebih lagi, sebagian sekolah memperbolehkan siswa memanggil sang guru hanya dengan sebutan nama tanpa gelar mereka.

b). Bebas berpendapat
Siswa berhak mengajukan usul, saran, serta kritik terhadap guru dalam PBM (Proses Belajar Mengajar).


orang amerika juga biasanya suka atau mengkonsumsi minuman beralkohol karena letak geografisnya disana sangat dingin. letak benua nya saja : 35 BB- 170BB dan 83 LU- 55 LS memiliki banyak pegunungan pada bagian barat dan timur.
pada setiap individu sangat menjunjung tinggi nilai kebebasannya. tetapi dalam setiap kebebasannya memiliki aturan tersendiri dalam setiap hal nya.

Selasa, 15 Maret 2011

misteri mata jempol

Suatu kata yang mungkin jarang atau tidak pernah kita dengar. Yah mata jempol, sebuah garis tangan yang berbentuk mata pada jempol tangan kita. Yang artinya

Begini ceritanya ...

"liat jempol lo dong" pada saat pelajaran agama dimulai temen gue malah ngajak gue ngobrol dan ingin melihat jempol kedua tangan gue. Gue kasih jempol gue ke dia. Dan dia tersenyum
Sesuatu yang gue gak ngerti maksudnya apaan, yah mungkin dia iseng-iseng atau gimana gue masih gak ngerti dengan kelakuan dia hahaah :D

Dia menunjukkan jempol kedua tangannya ke gue. Coba lo perhatiin tengahnya! Yap, gak ngerti juga gue. "lo liat tengahnhya! Ada bentuk mata gak?" hmm ..

Setelah gue perhatikan yaaa, memang ada sebuah garis tangan berbentuk mata, gue perhatikan jempol gue dan memilik garis tangan yang sama seperti temen gue itu, berbentuk mata.





gue cek jempol kedua temen gue yang lain tetapi mereka ngga ada. Ternyata kata winda (temen gue yang mempunyai garis tangan berbentuk mata) kalo garis ini mempunyai arti. Yaitu seseorang yang mempunyai garis berbentuk mata di jempol seseorang ini memiliki feeling yang sangat kuat, berbeda dari orang-orang lainnya. Orang-orang ini khusus dan tertentu. Dan jarang ditemukan.

Gue kaget aja, dan masalah feeling itu ya memang bener, gue memang punya feeling dan insting yang kuat. Dan mata itu artinya ada seseorang atau arwah reinkarnasi yang bersemayam di jiwa kita. Memang percaya gak percaya gue juga masih gak tau mana yang bener. Cuma gue belum nelusurin masalah ini lebih jauh. Hanya sekedar mitos atau kabar-kabar iseng aja

META

Siang itu emang panas banget, tenggorokan gue kering tapi duit gue gak ada buat beli minuman. Gue bingung deh mau ngapain sekarang. Bel masuk juga masih lama. Tengok keluar kelas lapangan penuh sama anak-anak cowo yang lagi maen basket. Gue duduk di koridor kelas gue dengan tampang 5L (tau ngga 5L? Lemah letih lesu lunglai longor)

1 menit terdiam untuk melihat pemandangan yang menyilaukan, gak jelas juga gue ngeliat apaan. Baru nyadar kalau di samping gue ada cewe. Yang awalnya gue juga ngga ngeliat dia ada disitu. Gue liat-liat nih cewe kayaknya bukan dari angkatan gue. Yaah, mungkin anak kelas 3 yang mau les kali yak
Hmm, lama juga gue memperhatikan cewe ini, tampangnya yang agak lusuh, baju seperti tidak di setrika, memakai kaca mata yang agak retak , dan sepatu nya yang sudah sobek-sobek. Sempat terpikir kalo masih bagusan gue dari pada dia (teteup)

"kelas 2 yah?" kata pertama dia keluar yang sedari tadi hanya diam!
Dengan gugup gue menjawab semua pertanyaan, dia menanyakan guru-guru yang mengajar di skolah kami dan terjadilah percakapan yang cukup panjang.

Meta. Yah, namanya meta. Anak kelas 3 yang lagi les, biasalah kalo di sekolah gue itu kelas 3 nya pasti ada pelajaran tambahan, sejenis trobosan, bimbel.

(bel bunyi) gue nutup percakapn gue dengan kak meta. Dia tersenyum, dengan kepala mendongak menatap muka gue yang lagi berdiri di sampingnya, mukanya pucat. Yah gue baru sadar, karna sedari percakapan gue belum liat tampangnya kaya gimana karna mukanya terhalang rambutnya yang panjang terurai

Dikelas, gue cerita ke temen sebangku gue kalo gue abis ngobrol dengan kaka kelas yang baru saja gue kenal, tetapi temen gue ngga menghiraukan dia terus aja nulis. Masih dengan topik yang sama, gue sempet heran juga sih sama nih kaka. Di percakapan dia menanyakan guru-guru yang namanya ngga gue kenal. Yah mungkin dia hanya ngetest gue atau sekedar basa-basi dan gue pun lanjut nulis, ternyata guru gue di depan kelas udah melotot aja ke arah gue, tau gue ngoceh terus nyeritain kejadian tadi ke temen sebangku gue *piss ah


Minggu, Minggu, Minggu waktunya gue les ke skolah bareng temen-temen, misinya sih bukan les sebenernya, pulangnya mau nongkrong bareng temen-temen PASTINYA. Sampe disekolah guru nya belum dateng, ya emang belum waktu nya juga sih, gue sengaja dateng agak cepat karna udah garing banget dirumah disuruh-suruh mulu ahahha :D

Banyak juga sih anak-anak lain yang dateng ke skolah ya Cuma untuk sekedar main-main, ngobrol, atau mejeng adu style yang menurut gue NORAK! Masuk ke pekarangan skolah aja udah kaya lomba fashion show, gue yang tomboi Cuma bisa nganga aja ngeliatnya, pliss deh. Gak mau gue lama-lama ngeliatin mereka bisa metong deh --"
Sampai di dalem sekolah gue ngeliat kak meta, masih dengan seragam putih dongker. Yap! Seragam smp
Gue bingung ngeliat dia, dia pulang apa ngga sih, dia kok gak ganti baju atau gimana cerita nya?
Terlintas rasa iba muncul dihati gue ngeliat keadaan dia yang memang memprihatinkan.

"kaka ngapain?" karna udah kenal gue memulai pembicaraan sambil duduk disampingnya, ya di tempat yang sama. Koridor depan kelas gue. Dia Cuma tersenyum, senyum yang menurut gue penuh arti, tapi gue gak tau deh artinya apaan. Senyum simpul yang dia tampilkan.

Terdengar jelas temen - temen gue manggil dari kejauhan, yah pembicaraan gue kembali terhenti. Sambil berlari meninggalkan dia, gue melambaikan tangan tanda perpisahan.

"lo tadi ngobrol sama sapa?" kata-kata yang terlontar pada saat gue dengan temen gue makan siang, ternyata temen gue memperhatikan gue dari kejauhan. Ya akhirnya gue ceritain semuanya, tetapi ternyata temen gue mengeluarkan kata-kata mengejutkan "dari tadi gue ngeliat lo duduk sendirian sambil ngobrol" yap!! Itu kata-kata bin ajaib yang gue denger. Gue masih gak ngerti, temen gue ini ngeledek atau gimana.
"iya lo tadi duduk di depan kelas lo kan? Sendirian. Terus pas gue panggil lo lari sambil dadah gitu. Dadah sama siapa lo? Dia mendetailkan apa yang dia lihat.

Gue merengut menatap muka temen gue, "MAKSUD LO? Gue ngobrol sama manusia lah" pada saat itu temen gue heran sejadi-jadinya menatap muka gue yang masih merengut karna gak mau dibilang gila.
"TAPI TADI LO NGOMONG SENDIRIAN TYA! GAK ADA SIAPA-SIAPA DISITU. DEMI DEH"
Gue bingung, gue sesek nafas, gue lapar (kan gue lagi makan #pliss deh)

Akhirnya gue menceritakan pertemuan gue dengan kak meta dari awal dengan temen gue itu. Yah semua berlangsung singkat tanpa banyak respon dari temen gue, hanya saja dia bengong dengernya, yahh, temen gue masih gak percaya dengan yang dia lihat, dia ngomong ke temen gue yang lain. Yang gak lain senior gue dulu yang udah tamat. Dia nyeritain semua cerita gue ke dia. Dia Cuma senyum dan akhirnya tertawa ngakak sampe merah mukanya, temen gue ini masih bingung separah-parahnya gak ngerti maksudnya dia ketawa ada apa? Gak ada unsur lelucon disini!

"meta tuh udah meninggal, dia temen angkatan gue. Dlu meninggal di depan koridor itu. Karna di dorong sama temen gue juga, pas di dorong kepalanya terbentur pot besar disitu, jadi kaca matanya pecah dan pecahannya menancap ke dalam bola matanya. biasalah cewe sirik sama meta, karna dia pintar." 1 kalimat yang keluar dari mulut senior gue 3 tahun diatas gue dan membuat gue dan temen gue merinding

Dan ternyata dia yang selama gue kenal itu adalah .....

Sabtu, 26 Februari 2011

alasan kenapa milih jurusan psikologi

banyak faktor kenapa gue milih psikologi. mungkin yang awalnya gue cuma menyukai satu dari bagian psikologi kok jadi makin tertarik untuk mempelajari nya.
awalnya gue yang sering pindah sekolah karna bokap gue sering pindah tugas, jadi gue mulai mempelajari bagaimana cara menyesuaikan diri dengan berbagai tempat, keadaan, dan gimana temen-temen baru gue.

pertamanya memang susah, karna emang karakter dari gue nya sendiri itu susah bergaul. gue itu aslinya pemalu, pendiem, berubah untuk lebih aktif bersosialisasi. karna suatu kejadian dimana gue mencoba untuk berubah dari sikap-sikap gue itu. ga akan berkembang deh kalo misalnya sikap negatif kita masih disimpen, kalo mau maju ya kita mulai duluan jangan tunggu orang untuk mendorong kita untuk maju.

dari banyak temen gue belajar dari mereka untuk melihat cara pandang mereka tentang hidup nya bagaimana, cara menyikapi berbagai masalah, cara menjalani hidup bagaimana.
karna masa-masa sulit dimana gue mengalami berbagai konflik yang memang biasa terjadi pada anak usia remaja, gue mulai berfikir bagaimana merealisasikan semua masalah gue ke dalam hal positif.
banyak temen gue mendukung untuk berbuat lebih baik lagi, dengan cara tegar dan sabar, tetap tersenyum. dari situ gue mulai belajar bagaimana menjalani hidup untuk lebih mengambil positifnya.

makin tertarik dengan psikologi dengan adanya temen-temen gue yang sering menceritakan bagaimana hidupnya dan masalah-masalahnya, gue semakin bisa mengambil keputusan untuk membantu temen gue, walaupun cara dan saran yang gue kasih mungkin belum sesempurna atau secanggih para psikolog, tapi gue berusaha memahami makna dari setiap cerita dari temen-temen gue. memberi motivasi dan dukungan pastinya.

semoga studi gue kali ini bermanfaat bagi semua orang, amin.

rumus matematika dalam psikologi

Analisis Regresi Ganda


Analisis regresi sederhana maupun analisis regresi ganda, keduanya berada dalam satu bendera yang sama yaitu Analisis Regresi. Jadi keduanya bukan merupakan teknik analisis yang berbeda, tetapi analisis yang sama hanya saja diterapkan pada situasi yang berbeda. Karena melibatkan lebih dari satu prediktor, tentu saja perhitungan dalam analisis regresi ganda akan lebih rumit.

Regresi Ganda dan Regresi dengan Satu Prediktor

Sebenarnya pemikiran mengenai analisis regresi ganda itu seperti melakukan beberapa kali analisis regresi, satu kali untuk tiap prediktor. Analisis regresi ganda menjadi lebih rumit karena seringkali kedua prediktor memiliki hubungan yang mempengaruhi hubungan tiap prediktor dengan kriterion. Hal ini yang membuat hasil analisis regresi dengan menggunakan lebih dari satu prediktor akan berbeda dengan analisis regresi untuk tiap prediktornya. Perbedaan muncul misalnya dalam hasil estimasi b dan R2 nya.

Validitas Pengukuran

Pada intinya validitas pengukuran memberikan gambaran mengenai seberapa jauh pengukuran yang kita lakukan itu memang mengukur sesuai yang ingin diukur. Maksudnya apakah pengukuran telah memenuhi tujuannya. Misalnya kita ingin mengukur inteligensi, maka apakah alat yang kita pakai untuk mengukur inteligensi itu memang benar-benar mengukur inteligensi bukan yang lain misalnya seperti yang dicurigai orang selama ini : kemampuan akademik. Atau jika kita ingin mengukur kecemasan, apakah alat yang kita pakai memang mengukur kecemasan bukan depresi

Validitas tampang; pendekatan ini menggunakan penilaian subjektif dari subjek atau testee mengenai keabsahan tes. Tentunya metode ini hanya dapat digunakan jika tujuan alat ukur memang secara jelas dapat diketahui oleh testee. Misal tes yang digunakan di kelas untuk mengukur hasil belajar.Validitas tampang yang tinggi dapat diperoleh jika testee setuju kalau tes yang mereka kerjakan memang mengukur apa yang ingin diukur. Validitas tampang yang tinggi dapat berarti buruk pada tes atau skala yang tujuan pengetesannya sebaiknya tidak diketahui oleh subjek. Misalnya skala sikap. Jika subjek dapat mengetahui tujuan pengukuran dari melihat tes, maka kita akan meragukan hasil pengukurannya. Karena subjek memiliki kemungkinan untuk memberikan respon yang bias (tidak sesuai dengan apa yang dia alami tapi lebih pada respon yang seharusnya diberikan).