Minggu, 20 Maret 2011

kebiasaan orang Amerika

Kebiasaan orang Amerika:

Gaya hidup

a). Menjunjung tinggi nilai kebebasan individu
Artinya mereka jarang sekali bisa diatur. Mereka bisa melakukan apa yang mereka inginkan bahkan terkadang bertabrakan dengan kepentingan orang lain. Namun, lambat laun sebagian dari mereka mulai dapat menghargai kepentingan orang lain.

Untuk mendapatkan kebebasan individu, warga Amerika dituntut untuk mandiri terlebih dahulu, terutama mandiri secara finansial. Jadi, sudah menjadi tradisi jika anak Amerika usia 9 tahunan sudah bekerja sebagai loper koran atau membantu atap genteng tetangga yang bocor. Jangan mengkasihani mereka sebab mereka tidak ingin dikasihani. Pekerjaan yang mereka lakukan di usia dini bukan berarti mereka miskin, tetapi itu adalah upaya untuk mendapatkan ’self-reliance’ dan ’individual freedom’ mereka.

b). Sportif dalam berkompetisi
Warga Amerika percaya bahwa setiap manusia dari ras apapun, warna kulit apapun, agama apapun, serta status sosial manapun, memliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan peluang kerja, karir, dan kompetisi apapun. Ini adalah salah satu nilai positif yang dimiliki oleh warga Amerika. KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) jarang memainkan peranan terhadap keberhasilan seseorang. Pada intinya, keberhasilan berbanding lurus dengan kerja keras

Selain itu, sebagian dari mereka sangat optimis. Salah satunya tercermin dalam cara mereka ketika berjabat tangan, yaitu menggenggam dengan erat tangan orang lain meski hanya dalam waktu singkat. Jadi siap-siap jika tangan Anda seperti mendapat aliran listrik keoptimisan mereka. Jika Anda sudah mengetahui hal ini, lakukan hal yang sama terhadap mereka tatkala saling berjabat tangan.

c). “To the point”
Jangan pernah terlalu sering berbasa-basi dengan orang Amerika. Contoh: saat mereka bertanya apakah Anda butuh minum atau tidak, jawablah dengan jujur. Kesampingkan dulu nilai ”terlalu sungkan” yang dianut oleh orang Timur sebab Anda sedang berada di Barat

d. Tepat waktu
Tidak ada istilah jam karet di sana. Apabila Anda diundang pukul 07.00 p.m., maka maksimal Anda harus datang setengah jam lebih awal (in time). Untuk berjaga-jaga, jangan pernah datang tepat pada waktunya (on time).

Gaya bicara

a). Laksana ”bermain ping pong”
Orang Amerika suka jika pembicaraan mereka yang belum selesai dipotong oleh lawan bicaranya. Hal ini laksana permainan ping pong di mana masing-masing pemain memukul kembali bola ping pong yang telah dipukul oleh lawan mereka. Pembicaraan seperti ini sangat mereka sukai sebab akibatnya adalah timbulnya ”heat conversation” (pembicaraan yang seru).

b). Cepat dan keras
Jika berbicara dengan orang Amerika, lawan bicara harus selalu memperhatikan setiap tutur katanya. Walau suara mereka cenderung keras, tetapi terkadang kecepatan bicara mereka sukar diikuti.

Dalam bidang pendidikan

a). Tidak terlalu terjadi gap antara murid dan guru
Di sana adagium ”guru selalu benar” sudah tidak berlaku lagi sebab ilmu dapat datang dari manapun. Terlebih lagi, sebagian sekolah memperbolehkan siswa memanggil sang guru hanya dengan sebutan nama tanpa gelar mereka.

b). Bebas berpendapat
Siswa berhak mengajukan usul, saran, serta kritik terhadap guru dalam PBM (Proses Belajar Mengajar).


orang amerika juga biasanya suka atau mengkonsumsi minuman beralkohol karena letak geografisnya disana sangat dingin. letak benua nya saja : 35 BB- 170BB dan 83 LU- 55 LS memiliki banyak pegunungan pada bagian barat dan timur.
pada setiap individu sangat menjunjung tinggi nilai kebebasannya. tetapi dalam setiap kebebasannya memiliki aturan tersendiri dalam setiap hal nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar