Rabu, 09 Oktober 2013

Sistem Informasi Psikologi

Arsitektur Komputer & Struktur Kognitif Manusia


Pengertian Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak – biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen – komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.


Bagaimana Pengertian Arsitektur Komputer?
Abstraksi dari sebuah arsitek komputer dan hubungannya dengan bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasinya. Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing – masing bagian lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll. Contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.


Pengertian Struktur Kognisi Manusia
Struktur kognisi manusia adalah bagaimana bagian – bagian dari sesuatu yang berhubungan satu dengan yang lain tersebut disatukan, sesuatu tersebut dapat berupa kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses  yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisa, memahami, menilai, membayangkan, dan berbahasa.

Bagaimana Struktur Kognisi Manusia?
Sesuatu yang berhubungan satu dengan yang lain ini bersifat fundamental bagi setiap sistem. Dimensi kognisi manusia adalah intelektual dan afektif merupakan “dua aspek yang tidak dapat dipisahkan dalam setiap tindakan”. “Meskipun cerdas, tidak ada pola tingkah laku yang tidak melibatkan faktor – faktor afektif sebagai motif, dan sebaliknya. Keadaan – keadaan afektif tidak dapat ada tanpa intervensi persepsi – persepsi atau pengertian – pengertian yang membentuk struktur – struktur kognitifnya. Seluruh kegiatan intelektual harus dimotivasi oleh afeksi dan seluruh afeksi mensyaratkan struktur kognitif untuk memahaminya.


Bagaimana Kaitannya Struktur Kognitif Manusia dengan Arsitektur Komputer?
Struktur kognisi manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi – fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsur bagian – bagian tubuh manusia yang menjadikan suatu sistem yang kompleks. sedangkan untuk struktur kognisi arsitektur komputer yaitu suatu unsur yang saling melengkapi, tapi tidak sekompleks struktur kognisi dari manusia, karena struktur kognisi arsitektur hanya terdiri dari perangkat keras yang didesain seperti CPU, RAM, Memori, Processor.
Jadi kaitannya adalah otak manusia diperumpamakan seperti sebuah komputer. Struktur kognitif manusia itu proses berpikir yang terjadi pada diri manusia, dan memiliki kontrol terhadap proses berpikirnya sendiri. Sedangkan arsitektur komputer yang menciptakan adalah manusia, manusia yang membuat program, manusia yang membuat pola dari sistem komputer itu sendiri, sehingga yang memiliki peran utama dari semuanya adalah manusia itu sendiri, dan jika disatukan, maka akan menimbulkan suatu hubungan timbal balik yang sangat menguntungkan bagi manusia.

Kelebihan dan Kelemahan antara Struktur Kognisi Manusia dengan Arsitektur Komputer.
Struktur Kognisi Manusia :
Kelebihan :
·        * Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas.
·        *  Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar.
·        *  Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal.
Kekurangan :
·         * Membutuhkan waktu yang cukup lama.
·      *Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari – hari, karena tergantung individu masing – masing dalam mengoptimalisasikan cara berpikir mereka.

Arsitektur Komputer :
Kelebihan :
·         * Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu.
·         * Bisa digunakan oleh banyak pengguna.
·         * Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan.
·         * Menggunakan teknologi time sharring.
·         * Kecepatan kerja processornya hinga 1GPOS (Giga Operations Per Second).
Kekurangan :
·         * Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya.
·         * Harganya sangat mahal.
·         * Interface dengan pengguna masih menggunakan teks.
·         * Kerjanya sangat lama.
·         * Membutuhkan daya listrik yang sangat besar.


Contoh Kasus
Dianalogikan komputer itu adalah otak manusia yang dapat berpikir dan memproses segala sesuatu. Tetapi dalam banyak kasus komputer justru itu sendiri yang menjerumuskan manusia ke dalam hal negatif, dikarenakan penyalahgunaannya. Padahal komputer itu sendiri buatan manusia, tetapi mengapa justru komputer lah yang dapat membuat manusia menjadi celaka? Contohnya seperti banyak anak jaman sekarang yang ketagihan atau kecanduang bermain game online. Game online itu sendiri diciptakan, didesain, dan diproduksi oleh manusia, tetapi hal itu justru banyak menimbulkan sisi negatifnya. Mengapa? Karena manusia sekarang terpedaya oleh kecanggihan teknologi. Seharusnya manusia dapat menggunakan itu sesuai dengan porsinya. Seperti layaknya smartphone just for smartuser. Komputer juga seperti itu jika semakin canggih fungsinya, manusia juga harus semakin canggih dan pintar menggunakannya, supaya tidak terjadi hal negatif. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar